Rabu, 30 April 2014

Manusia dan Penderitaan

A. PENDERITAAN
             

              

   Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta dhra yang artinya menahan atau menanggung . Dalam hidup ini kita pasti pernah mengalami penderitaan , karena kita tau hidup itu ga selalu berjalan mulus dan tidak selalu kita berada diatas . Kadang kala kita akan merasakan penderitaan tanpa terduga . contohnya seperti penderitaan yang diberikan oleh allah swt , entah itu derita sakit ataupun kehilangan seseorang yang penting dalam hidup kita (meninggal).
   Disini saya akan menceritakan tentang penderitaan yang dialami oleh seorang atlet sepakbola yang menderita penyakit kanker yaitu eric abidal . Pemain sepakbola satu ini berasal dari Prancis dan bermain sepakbola untuk kesebelasan fc barcelona , pemain sepakbola ini di diagnosis terkena penyakit kanker pada tahun 2011 yang menyebabkan eric abidal harus beristirahat panjang dari sepakbola .
   Selama enam tahun pemain satu ini melawan penyakit yang dideritanya . Akhirnya pemain ini melakukan operasi untuk menyembuhkan penyakit yang dideritanya . Setelah beberapa bulan berlalu pasca operasi , eric abidal kembali berlatih di barcelona walaupun tim dokter yang merawat eric abidal belum menyatakan eric abidal sembuh total . Eric abidal masih harus istirahat panjang untuk kesembuhannya .







B. SIKSAAN

              

   Siksaan terbagi menjadi dua , yaitu ada siksaan secara jasmani maupun siksaan secara rohani . kisah eric abidal ini termasuk dalam siksaan jasmani dan rohani , siksan jasmaninya yaitu dia harus melawan penyakit yang sedang di deritanya sedangkan rohani nya adalah tekanan dalam dirinya yang mengharuskan dia tetap ingin bermain sepakbola walaupun dia sedang menderita penyakit yang sewaktu-waktu bisa mengancam nyawanya .



C. KELAKUAN MENTAL

                 

    Kita tau bahwa kelakuan mental itu kata lain dari penderitaan batin dalam lmu psikologi . Eric abidal dalam hal ini adalah salah seorang yang kuat dalam menghadapi penyakit yang dideritanya , walaupun dia sedang menderita penyakit yang berbahaya tetapi dia teteap semangat menjalani hari - hari nya bahkan dia tidak pernah takut akan kematian . karena dia tau bahwa kematian itu akan terjadi kepada siapapun dan kapanpun .



D. PENDERITAAN DAN PERJUANGAN

               

    Seperti yang sudah saya jelaskan diatas , bahwa penderitaan itu akan datang datang dalam hidup kita kapanpun tanpa terduga sama sekali , tetapi kembali lagi ke diri kita masing-masing dalam menghadapi penderitaan tersebut apakah kita mau berjuang ataupun hanya meratapi penderitaan yang sedang kita alami saja tanpa mau berjuang untuk keluar dari penderitaan tersebut . 
     Dalam hal ini eric abidal termasuk orang yang mau berjuang akan penyakit yang dideritaya . Walaupun dia sedang menderita penyakit bahaya tetapi dia masih punya semangat untuk berjuang melawan penyakit itu . Dia tetap meneruskan karir sepakbola nya tanpa takut dengan resiko yang sewaktu - waktu akan menimpanya .



E.PENDERITAN , MEDIA MASSA , DAN SENIMAN

                    

     Dalam hidup ini kita pasti pernah mengalami penderitaan , karena kita tau hidup itu ga selalu berjalan mulus dan tidak selalu kita berada diatas . Media massa adalah alat yang paling cepat dan akurat untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat luas . Dengan begitu masyarakat menjadi tau informasi terupdate dan bisa mengambil sikap yang harus dilakukan, tetapi dalam hal ini seniman berperan dalam  penyampaian informasi seperti



F. PENDERITAAN DAN SEBABNYA

                   

      Penderitaan yang menimpa mahkluk hidup kita ketahui ada dua , yaitu karena penyakit atau azab dari tuhan dan karena ulah manusia itu sendiri . Dalam hal ini eric abidal mendapat penderitaan karena penyakit , Tetapi eric abidal terus semangat dalam menjalani hari - hari nya walaupun sedang menderita penyakit kanker .



G. PENGARUH PENDERITAAN

                   

   

       Pastinya pengaruh dari penderitaan yang dialami pasti ada , entah itu pengaruh positif maupun negatif . Tergantung dari individu itu sendiri mempunyai mental yang kuat atau tidak dalam menjalani penderitaannya . Tetapi dalam hal ini eric abial mempunyai pengaruh yang positif karena penderitaan yang dialaminya menambah semangat nya dia untuk melawan penderitaannya . Dia tidak pernah takut akan kematian justru dia ingin membuktikan walaupun dia sedang menderita penyakit kanker yang mengharuskannya beristirahat panjang dari dunia sepakbola tetapi eric abidal terus berkarir menjadi atlet sepakbola. Bahkan sampai sekarang eric abidal masih menjadi pemain disalah satu club sepakbola yaitu as monaco.






Sumber : http://www.fcbarcelona.web.id/tag/eric-abidal      
               

0 komentar:

Posting Komentar