Senin, 25 April 2016

Tugas Bahasa Indonesia 2

Penalaran adalah suatu proses berpikir manusia  untuk menghubung-hubungkan data atau fakta yang ada  sehingga  sampai  pada  suatu simpulan, juga bisa merupakan Gagasan, pikiran, kepercayaan, atau simpulan yang salah, keliru, atau cacat.

Salah nalar dapat terjadi di dalam proses berpikir untuk mengambil keputusan. Hal ini terjadi karena ada kesalahan pada cara penarikan kesimpulan.
Dalam proses berpikir sering sekali kita keliru menafsirkan atau menarik kesimpulan, kekeliruan ini dapat terjadi karena faktor emosional, kesalahan karena gagasan, struktur kalimat, kecerobohan, atau ketidaktahuan.

Salah nalar induktif, berupa :
-          kesalahan karena generalisasi yang terlalu luas,
-          kesalahan penilaian hubungan sebab-akibat,
-          kesalahan analogi.
-          Kesalahan deduktif dapat disebabkan :
-          kesalahan karena premis mayor tidak dibatasi;
-          kesalahan karena adanya term keempat;
-          kesalahan karena kesimpulan terlalu luas/tidak dibatasi; dan
-          kesalahan karena adanya 2 premis negatif.


Dalam pembahasan kali ini saya akan membahas tentang kalimat dari iklan Provider axis yang menyebutkan bahwa “ Pakai Cuma Rp.2 ribu Gratis nelpon & sms sepuasnya seharian “ kalimat tersebut mungkin wajar karena itu bagian dari marketing provider tersebut. Tetapi, kalimat tersebut tidak menjelaskan apakah gratis nelpon & sms tersebut hanya berlaku sesama operator atau ke semua operator. Mungkin konsumen yang tidak mengetahui maksud dari kalimat promosi tersebut mengira dengan hanya Rp.2 ribu bisa gratis ke semua operator.



Referensi : http://zahrinaanisa26.blogspot.co.id/2016/01/tugas-bahasa-indonesia-2-salah-nalar.html

1 komentar:

edgereatherton mengatakan...

babyliss pro titanium - Titanium Art
In the game, the symbols appearing in the base game micro touch titanium trimmer are guy tang titanium toner all red. revlon titanium max edition The symbols that appear in the titanium wheels base game trex titanium headphones are blue, yellow,

Posting Komentar